Panen Perdana Padi Teknologi IPAT BO di Parepare

Panen perdana padi teknologi IPAT BO di Parepare

KABAR TORAJA– Pemerintah Kota Parepare melakukan panen perdana penerapan teknologi pertanian IPAT-BO di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Jumat (21/07/2017).

Kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke -22.

Salah satu tim Bhakti teknologi IPAT-BO Kemenristekdikti, Nuhansyah Harahap mengapresiasi Dinas Pertanian dan warga Pare-pare telah menyambut baik program ini, dan dapat diterapkan di wilayah yang sangat sempit areal sawahnya, namun hasilnya memuaskan.

“Kita bisa melakukan panen perdana dengan Hasil ubinan dari Badan Pusat Statistik perhektarnya mencapai 9,3 ton, yang sebelumnya hanya berkisar 4-5 ton/ha. Ini peningkatan yang sangat luar biasa walaupun baru kali pertama penerapan,” tuturnya.

Hadir dalam acara panen raya, Wali kota Parepare, HM Taufan Pawe, Dandim 1405/Mtls, dan para tamu undangan, Bapak dan Ibu kelompok tani se- Kecamatan Bacukiki.

Walikota Parepare menyambut baik program ini dan dukungannya dalam penerapan teknologi IPAT-BO, yang ramah lingkungan karena hampir sebagian pupuk yang digunakan pupuk organik, dengan melakukan penanaman pola kembar akan melipat gandakan hasil panen petani menjadi meningkat.b

“Saya berharap para petani terus berinovasi sehingga membawa manfaat kepada seluruh masyarakat Kota Parepare dan kita harus tetap bekerjasama dengan tim Kemenrsitekdikti,” jelas Taufan.

James/JF

Komentar Anda