Panwascam Bulukumpa Himbau Masyarakan Bersatu Tolak Money Politik

Muhammad Jafat

KABAR TORAJA, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bulukumpa memanfaatkan momentum Bulan Suci Ramadhan sebagai panggung untuk memasifkan sosialisasi sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran pemilihan gGubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Tahun 2018.

Dalam menyampaikan himbauan, Panwascam dibantu oleh PPL Kelurahan dan Desa membacakan langsung oleh PPL di setiap Masjid di wilayah masing-masing.

Menurut Kordiv Penindakan Pelanggaran Panwascam Bulukumpa, Muhammad Jafar, dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 187A, ditegaskan, pemberi dan penerima politik uang sama-sama dapat dipidana paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan, serta denda minimal 200 juta maksimal 1 Milyar.

Selain itu, ASN, Kepala Desa dan Perangkatnya juga dihimbau untuk menjaga netralitas dalam pemilihan.

“Kami (Panwascam) mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan tahapan pemilihan gubernur ini. Dan jika terjadi dugaan pelanggaran, kami himbau masyarakat untuk melaporkan ke PPL atau ke Panwascam,” terang Kordiv Penindakan Panwascam Bulukumpa, Muhammad Jafar.

Lebih lanjut di katakan Bung MJ (Muhammad Jafar_red) Pilkada berkualitas dan berintegritas ditentukan salah satunya oleh seberapa besar partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Mj

Komentar Anda