Panwaslu Bulukumba Akan Gelar Apel Siaga Pengawasan Pilkada

KABAR TORAJA– Tahapan kampanye dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018 akan dimulai pada tanggal 15 Februari 2018. 

Sebagai bentuk kesiapan Panwaslu untuk melakukan pengawasan, Panwaslu Kabupaten Bulukumba akan gelar Apel Siaga, Rabu (14/02/2018) mendatang.

Ketua Panwaslu Bulukumba, A. Muh. Amin dalam rapat koordinasi bersama Panwascam se- Kabupaten Bulukumba, mengatakan, apel siaga ini melibatkan seluruh stake holder, penyelenggara dan peserta pemilihan.

Sementara itu, Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Bulukumba, Bakri Abubakar menambahkan, dalam tahapan kampanye ini kami minta kepada para tim sukses dan masyarakat untuk menjauhi dan menolak politik uang.

“Sanksi pidananya mengancam bagi pemberi dan penerima minimal 36 bulan penjara dan maksimal 72 bulan penjara dan serta denda minimal Rp200 juta dan maksimal denda Rp1 milyar,” papar Bakri Abubakar di Sekretariat Panwaslu Bulukumba, Jl Melati No 38 Bulukumba, Senin (12/2/2018).

Menurut Bakri, masyarakat harus tahu ini, karena ketentuan ini termasuk baru. Dalam UU Pilkada sebelumnya belum ada mengatur khusus hal tersebut, baik dalam UU No 1 tahun 2015 maupun UU No 8 tahun 2015.

Dalam UU Nomor 10 Tahun 2016, Pasal 187A (1) dijelaskan, Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga suara menjadi tidak sah, memilih calon tertentu, atau tidak memilih calon tertentu sebagaimana dimaksud pada Pasal 73 Ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 (tiga puluh enam) bulan dan paling lama 72 (tujuh puluh dua) bulan dan denda paling sedikit Rp200.000.000 (dua ratus juta rupiah) dan paling bantah Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah), tambah Bakri.

Hal-hal inilah yang akan kita sosialisakan dalam apel siaga mendatang, sebagai wujud upaya pencegahan yang dilakukan oleh Panwaslu Bulukumba, kunci Bakri.

MJ

Komentar Anda