Wabup dan Legislator Apresiasi Pelatihan BPD Jojjolo

Wabup Tomy Satria Yulianto saat memberi sambutan pada pelatihan BPD Jojjolo

KABAR TORAJA– Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Badan Permusyawaratan Desa Jojjolo mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto dan Legislator Dapil Bulukumpa Rilau Ale, Muh Jufri.

Pelatihan ini terbilang unik dan tidak biasa karena penyelenggaraannya di desa.

Menurut Legislator Dapil II, Muh Jufri, kegiatan ini patut diapresiasi karena kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di Bulukumba dengan lokasi kegiatan di desa.

Menurutnya, pelatihan BPD selama ini biasanya dilakukan di kota ataupun di luar provinsi.

“Jojjolo memberikan kita pelajaran bahwa pelatihan tidak harus di kota atau diluar provinsi, tapi di desapun bisa dengan memghadirkan narasumber yang berkompoten di bidangnya. Seperti Narasumber yang akan mengisi pelatihan ini,” kata Jufri, dalam sambutannya, Sabtu (23/09/2017).

Pelatihan ini penting, lanjut Jufri agar pemerintahan desa berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada.

Sementara itu, Wakik Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto juga mengapresiasi kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari ini. Karena selama ini menurutnya hanya kepala desa dan perangkatnya saja yang sering diberi pelatihan.

Tomy juga mengingatkan peningkatan kapasitas BPD bukan untuk berhadap hadapan dengan pemerintah desa, karena itu hanya akan merugikan masyarakat.

Tapi peningkatan kapasitas BPD itu supaya perannya dalam memastikan program yang dijalankan pemdes berjalan dengan baik.

“Pemerintah desa juga jangan melihat BPD sebagai ancaman, tapi sebagai mitra dalam menjalankan roda pemerintahan desa,” kata Tomy dalam sambutannya.

Tomy juga meminta DPMD untuk menganggarkan peningkatan kapasitas BPD.

Poetra/JF

Komentar Anda