Launching HAKTEKNAS ke 22: Gelorakan Inovasi

KABAR TORAJA– Setelah pre-lauching di Jakarta, launching hari ini, Jumat (16/06/2017) di Kota Makassar merupakan rangkaian berbagai kegiatan ekspos Peringatan Hakteknas ke-22 yang bertema: Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan dengan sub tema: Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia.

Pemilihan tema ini adalah upaya mendorong terwujudnya Visi Pembangunan Poros Maritim Dunia yang dicanangkan Bapak Presiden dan merupakan cita-cita besar terhadap manifestasi kedaulatan ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan wilayah NKRI serta upaya mendorong pembangunan maritim Indonesia sebagai perwujudan: penguatan kedaulatan maritim, pengelolaan sumberdaya alam secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu dan pengembangan SDM, iptek dan budaya maritim.

“Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Kepres No. 71/1995. Akar sejarah kebangkitan teknologi nasional berawal dari keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa bangsa kita mampu mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif dan berdaya saing mondial. Tujuan peringatan untuk menghargai seluruh komponen bangsa dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta memberi dorongan untuk terus-menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban unggul bangsa Indonesia,” jelas Menristekdikti dalam sambutannya.

Sedangkan Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe mempertegas, pemilihan Kota Makassar sebagai lokasi puncak pelaksanaan Hakteknas ke-22 dengan pertimbangan bahwa Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia, Pelabuhan Makassar adalah pintu gerbang laut dan pelabuhan internasional terpadat di Indonesia Timur, terdapat banyak industri perakitan kapal nelayan, memiliki dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia dan mempunyai sejarah panjang dan patriotisme dalam dunia kebaharian.

Lebih dari itu, Kota Makassar merupakan ikon dan pintu gerbang pembangunan Kawasan Timur Indonesia.

Puncak Peringatan Hakteknas ke-22 akan dihadiri Presiden Joko Widodo, 10 Agustus 2017 di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar ini menjadi lebih istimewa dan bernilai sejarah.

Bahwa sejak diperingati pertama kalinya tahun 1995, 21 tahun lalu yang diperingati setiap tahunnya, ini untuk pertama kalinya puncak peringatan Hakteknas diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Juga untuk pertama kali Hakteknas diperingati sejak dicanangkan TAHUN 2016 SEBAGAI TAHUN DIMULAINYA INOVASI NASIONAL di Solo oleh Menko PMK Puan Maharani atas nama Presiden Republik Indonesia.

Diharapkan melalui pencanangan tahun Inovasi ini, ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dapat segera diwujudkan.

Bakti Teknologi sebagai salah satu rangkaian peringatan Hakteknas ke-22, telah menyelesaikan TANAM SERENTAK di 24 kab/kota se- Sulawesi Selatan berbasis varietas padi unggul Sidenuk produksi BATAN dengan teknologi IPAT-BO. Hasilnya akan kami tampilkan sebagai eye catching pada hari puncak Hakteknas.

Selanjutnya, kegiatan lain yang terangkai bersama hari puncak adalah Ritech Expo, Pameran Pembangunan Sulawesi Selatan, Malam Apresiasi Anugerah Iptek dan Inovasi, Welcoming Dinner, Kegiatan Ilmiah, Talkshow, Car Free Day dan Side Event. Kegiatan lain antara lain: Pembuatan kaki palsu (aplikasi teknologi polimer) untuk 30 orang; Hakteknas mandiri di daerah ( Maret – Desember 2017); Pameran Produk Inovasi 2017 di Gor Jetayu Pekalongan Jawa Tengah; International Symposium on Marine Plastic Debris, 09 Agustus 2017 di Wisma Negara CPI (Menkomar); Deklarasi Pengawasan Nuklir Damai (Akademi Nuklir Indonesia), Sarasehan, Peresmian Hari Nuklir, Konferensi Informasi Pengawas, Executive Meeting. (peserta 16 negara) di Jakarta; 33 kegiatan Ilmiah, Nasional dan Internasional serta ekspose hasil riset dan produk inovasi lainnya.

Acara Puncak Hakteknas ke-22 akan dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo, 10 Agustus 2017.

Menurut Direktur Sistem Inovasi, Ophirtus Sumule, disekitar arena acara puncak, selain pameran, masyarakat dapat menikmati ekspos eye catching produk teknologi dan inovasi hasil litbang berupa panser amphibi, berbagai varians kuliner berbasis rumput laut, kapal plat datar dan produk inovasi terbaru karya anak bangsa lainnya.

Peresmian Launching Hakteknas ke-22 ditandai dengan pemukulan pakarena (gendang khas Prov. Sulsel) oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, didampingi Gubernur Sulsel Sahrul Yasin Limpo dan Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe selaku ketua panitia.

Selanjutnya Menristekdikti menyerahkan konverter kit kepada wakil nelayan secara simbolik dan penyerahan sembako kepada para petani dan nelayan.

Rilis

Komentar Anda