Panwaslu Bulukumpa Tegaskan Tidak Ada Ampun Bagi Pelaku Money Politik

KABAR-TORAJA,– Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bulukumpa menegaskan akan menindak tegas pelaku Money Politik salama masa kampanye, masa tenang dan pada hari pemilihan.

Penegasan ini disampaikan oleh ketua Panwaslu Kecamatan Bulukumpa, Jawil saat menjadi narasumber dalam sebuah diskusi publik yang digelar oleh komunitas grup Whatsapp Bulukumpa Info, Jumat (26/10/2018) di Warkop Panyingkulu.

Menurut Jawil, Money politik sudah sangat jelas diatur dalam UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang kemudian diuraikan dalam Peraturan KPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Setiap Pelaksana dan atau Tim Kampanye dilarang menjanjikan dan atau memberikan uang dan atau materi lainnya kepada peserta kampanye,” kata Jawil.

Menurut Jawil, pelanggaran terhadap larang pemberian uang atau barang merupakan pelanggatan Tindak Pidana Pemilu dan juga bisa dikategorikan Pelanggaran Administrasi Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM).

“Selain sanksi Pidana, peserta pemilu juga bisa dikenakan sanksi diskualifikasi,” tegas Jawil.

Untuk itu, menurut Pria yang juga Dai ini, Panwaslu Bulukumpa akan menindak tegas setiap pelaku money politik, baik itu berasal dari Temuan Panwas ataupun dari Laporan Masyarakat.

“Kami sangat berharap partisipasi pengawasan dari masyarakat untuk melaporkan setiap dugaam pelanggaran pemilu yang terjadi di sekitar kita,” tambah Jawil.

Sementara itu, Narasumber dari DPR RI, Andi Mariattang mengatakan, Money Politik yang dilakukan oleh peserta Pemilu merupakan bukti bahwa mereka tidak percaya diri dalam menghadapi pemilu.

MJ

Komentar Anda