Dukung Program Pemda, Kemenristekdikti Gelar ToT

Prof.Dr.Ir. Tualar Simarmata,. MS memberikan materi kepada Peserta TOT

KABAR TORAJA– Kemterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) gelar Training Of Trainer (ToT) implementasi IPAT-BO kepada para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), gabungan kelompok tani dari Kecamatan Batui, akademisi dari Untika dan Unismu, Sabtu (20/05/2017).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari di balai pertemuan dan pelatihan kantir Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Banggai.

Kegiatan ini untuk mengawali program mandiri pangan yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai dukungan untuk swasembada pangan.

“Demi terwujudnya Banggai sebagai lumbung pangan, akan dilakukan penerapan teknologi seluas 80 Ha terpusat dan penangkar benih Sidenuk seluas 30 Ha menyebar di kabupaten Banggai,” kata Syachrial Annas Fasihu dari Kemenristekdikti.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini; Guru Besar Fakultas Pertanian yang juga Direktur Inovasi, Korporasi Akademik, dan Usaha Universitas Padjadjaran, serta sebagai salah satu dari 10 Inovator Terbaik Indonesia dalam Kompetisi Inovasi Nasional, Prof. Dr. Ir.Tualar Simarmata., M.S, dengan materi tentang Sejarah dan pengenalan teknologi IPAT-BO.

Juga hadir Tenaga Ahli Teknologi, Yedid Nenobais, dengan materi tentang implementasi dan tahapan-tahapan penerapan Teknologi. Serta Prof, Dr. Hasrial Aswidinnoor dari IPB, dengan materi pengenalan varietas padi tipe baru IPB 3S dan IPB 4S, yang berbeda dengan padi dari arsitektur varietas revolusi hijau.

James/JF

Komentar Anda