Grup WA Bulukumpa Info Gelar Diskusi Publik

KABAR-TORAJA,- Politik uang atau yang populer dikenal dengan nama Money Politik, menjadi senjata terakhir bagi kandidat saat terjadi pemilihan, baik Pilkada, Pemilu bahkan sekelas pemilihan kepala desa.

Dalam Undang Undang disebutkan jika Money Poltic melanggar hukum dan terancam pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp36 Juta.

Padahal, masih banyak hal yang lebih harus dilakukan oleh para kandidat yang sesuai ketentuan, misalnya, mendahulukan visi dan misi serta program yang dianggap bisa mendulang suara.

Selain itu prilaku masyarakat yang terbiasa mendahulukan rupiah dibanding program yang pro rakyat menjadi dasar mereka menetukan pilihan.

Hal ini menjadi perbincangan hangat di grup Whatsapp Bulukumpa Info, betapa pentingnya memahamkan masyarakat tentang Money Politic. Apalagi pada April 2019 mendatang, Indonesia sedang menyelenggarakan pemilihan presiden, dan pemilihan umum. Beberapa daerah di Bulukumba dalam waktu dekat juga melaksanakan pemilihan kepala desa.

Anggota grup yang mencapai 80-an orang itu menawarkan solusi agar diskusi menangkal Money Politic untuk digencarkan dengan melibatkan pemangku kepentingan, dalam hal ini, Penyelenggara yaitu Panwas dan KPU, serta Pemerintah.

Atas dasar ini Bulukumpa Info menyelenggarakan Diskusi Publik, dengan tema “Pemilu 2019 Tanpa Money Politik”.

“Teman-teman di grup mendorong agar obrolan yang selama ini tentang Money Poltic, agar digiring ke ruang diskusi publik, agar bisa lebih luas jangkauannya, dan sekaligus pemahaman kita lebih kuat karena melibatkan pemangku kepentingan,” Ujar Rey, salah satu Admin Bulukumpa Info.

Diskusi tematik ini digelar di Warkop Panynyingkulu yang juga selaku pendukung, Jalan Kemakmuran Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa. Rencanaya dihadiri sejumlah Calon Legislatif dari Dapil Bulukumpa, dan masyarakat umum.

“Kita berharap diskusi ba”da Jumat ini, mampu memahamkan sedikitnya bagi para caleg untuk tidak menjadikan Money Poltic jadi senjata mereka mendulang suara,” Ujar Rey kembali.

Sementara, Panwas Bulukumpa yang dikonfirmasi mengaku mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Ketua Panwas Bulukumpa, Jawil, ruang diskusi memang perlu ditingkatkan kegiatannya.

“Inikan upaya teman-teman di grup untuk sama-sama belajar dan mengetahui tentang bahayanya Money Poltic, agar para caleg bisa lebih sadar dan faham jika hal itu bukan jalan utama yang harus ditempuh. Apalagi itu adalah pelanggaran, kami Panwas tegas melakukan penelusuran,” Kuncinya.

MJ

Komentar Anda