Kementrian Perdagangan serahkan bantuan untuk PKL

RANTEPAO, KABAR TORAJA.COM – Kementrian Perdagangan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara membagikan bantuan sosial berupa Gerobak, Tenda, dan Tool Box kepada Asosiasi Pedaang Kaki Lima (PKL) Sangtorayaan di lapangan bakti, 30 Mei 2018.

Bantuan berupa, 25 Gerobak, 120 Tenda, dan 50 buah Tool box, disalurkan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Konsumen, Luther Palimbong didampingi Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang,ST kepada Asosiasi PKL Sangtorayaan Lapangan bakti, yang kini disebut dengan tempat Wisata Kuliner.

Didalam sambutannya, Direktur Pemberdayaan Konsumen, Luther Palimbong menuturkan, “Lokasi Wisata Kuliner, ini merupakan wilayah yang strategis, dan sangat tepat untuk membantu peningkatan perekonomian serta meningkatkan gairah pariwisata di Toraja Utara”.

“Bukan hanya bantuan fisik yang kami usahakan, tetapi kedepannya kami akan mengadakan pelatihan-pelatihan kepada para pedagang atau UKM yang ada didalam bagaimana menciptakan makanan dan minuman agar tahan lama dan tidak berjamur.

Lanjutnya, Saya hadir bersama Tim didalam memberikan bantuan berupa bedah warung, tetapi program bedah warung saat ini hanya sebanyak 15 warung atau kios dan lokasinya bukan diseputaran Rantepao”,tambahnya.

Senada dengan Direktur Pemberdayaan Konsumen, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang,ST menambahkan, “Bantuan ini sangat berguna sekali kepada para Pedagang Kaki Lima yang berada dilokasi Wisata Kuliner, yang seragam dapat lebih mempercantik lokasi wisata kuliner, sehingga dapat menarik para pengunjung.

Saya juga menghimbau kepada para pedagang agar tetap menjaga kebersihan didaerahnya masing-masing dan bantuan yang berupa tenda, gerobak dan tool box ini, tidak boleh diperjual belikan. Jika nanti ada yang berhenti berjualan, saya harapkan bantuan tersebut dikembalikan ke Asosiasi PKL Sangtorayaan agar dapat digunakan oleh pedagang lainnya yang menggantikan”.tuturnya

Turut serta Penjabat Sekda, Roni Rede Bare beserta Kepala-kepala OPD yang sempat hadir, dalam penyerahan Bantuan. (Redaksi)

Author Gabriel Steven         Photo Ady Neirum

Komentar Anda