Opini, Politik dan Pendidikan Jadi Berita Populer Di Kabar-Toraja.com

KABAR TORAJA– Kabar Toraja.com adalah sebuah media on line yang beritanya berbasis kejadian di seputar Toraja, sekalipun tetap diwarnai oleh berita-berita nasional yang dikaitkan dengan Toraja. Media yang dikelola secara voluntir ini, sejak 9 Mei yang lalu, tampilannya berubah dibanding dengan sebelumnya sehingga lebih komunikatif, walaupun biaya untuk perubahan tersebut harus berhutang sana sini, yang moga-moga ke depan bisa segera dilunasi.

Sejak 9 Mei, tercatat 6 artikel yang menempati record sebagai yang terbanyak dibaca oleh pembaca. Hal ini juga mungkin menjadi indikator berita apa saja yang diminati oleh banyak orang.

Berita pertama dengan judul “Kedukaan dan kenyamanan warga salubarani”, sudah dibaca oleh 3163 orang. Berita ini adalah sebuah opini tentang kenyamanan tidur warga perbatasan di Salubarani yang diduga terganggu akibat penjemputan jenazah yang datang dari luar yang diduga berlangsung hampir setiap subuh. Opini ini juga menyarankan kepada pemda untuk membuat sebuah kawasan tempat penjemputan jenazah yang terpisah dari pemukiman penduduk.

Berita tentang “Ir Pasorong, ahli tambang Penderita polio telah tiada”, menceritakan tentang putra Toraja yang merupakan lulusan pertama ITB jurusan tambang yang membangun berbagai tambang nasional, dan memilih untuk pulang kandang mencoba membangun tambang di Toraja yang tidak terealisir hingga beliau meninggal. Idealisme dan daya juang beliau mungkin menjadi daya tarik bagi pembaca karena sang ahli tambang ini adalah seorang penderita polio sejak lahir namun mampu mengatasi keterbatasan fisiknya menjadi seseorang yang mampu keluar masuk hutan, turun naik gunung melakukan eksplorasi pertambangan. Artikel tersebut dibaca oleh 1021 orang.

Lebih 900 orang membaca artikel tentang “DR Zadrack Tombeq, balon bupati Tana Toraja yang ganteng dan rendah hati”. Rupanya banyak yang tertarik untuk mencari tahu performance beliau dan program program yang ditawarkan untuk terpilih sebagai bupati.

Nampaknya, khususnya bagi balon bupati pendatang baru, performance dan program-program yang ditawarkan, dicermati oleh banyak orang.

Hal yang sama juga terjadi pada elaborasi latar belakang dan visi misi dari Eddy Papayungan. Sekitar 694 orang membaca performance dan visi misi beliau dalam artikel berjudul “Eddy Papayungan, SE, ME : Sangkuda hitam dalam pilkada Torut”.

Artikel lainnya tentang “Daftar perguruan tinggi ikatan dinas dan beasiswa penuh” dibaca 854 orang saat tulisan ini dibuat serta artikel “Desti Endek, tersangka Tawuran UKI Toraja diancam pidana 5 tahun”, menjadi indikator bahwa warga kita masih tetap menaruh perhatian serius dalam bidang pendidikan.

Untuk mewarnai Kabar-Toraja.com dengan Berita Daerah Sul-sel, kini juga sudah terbuka biro wilayah Selatan-selatan (Bulukumba, Bantaeng dan Sinjai).

Semoga para awak kabar Toraja tetap semangat dengan jiwa volunternya, setia menyajikan berita dan opini bagi para pembacanya dan menjadikan kabar toraja.com sebagai jendela informasi bagi kita semua.

Penulis: Ophir S (Redaktur Khusus)

Redaksi membuka ruang kepada pembaca untuk mengirimkan artikel, opini, ataupun peristiwa dengan mengirikan melalui form citizen report, atau email: info@kabar-toraja.com.

Komentar Anda