Poling Balon Bupati Toraja Di Pilkada 2015

Menurut Anda Siapakah Balon Bupati Toraja Utara yang pantas maju di Pilkada 2015: 1. EDIE RANTE TASAK 2. DAVID PAJUNG . 3. F.B.SORRING.4. F.B.ROMBELAYUK. 5. YOHANIS BASSANG 6. LEWARAN RANTELA'BI'. Kirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI. Atau ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2546
mod_vvisit_counterKemarin5236
mod_vvisit_counterMinggu ini23548
mod_vvisit_counterMinggu kemarin64233
mod_vvisit_counterBulan ini232688
mod_vvisit_counterBulan Kemarin320392
mod_vvisit_counterTotal8314713

We have: 27 guests online
IP anda: 54.196.195.38
 , 
Today: Agus 28, 2014
Apa Itu Ensiklopedia?

DEFENISI “ENSIKLOPEDIA”

kabar-toraja.com - Ensiklopedia atau “Encyclopaedia” yang asal katanya dari bahasa Yunani (Greek), yaitu egkuklios, adalah cyclon, all round (siklus) dan paedia adalah education, knowledge (pengetahuan, widya).

Dengan demikian bahwa pengertian sederhana Encyclopaedia, ialah siklus ilmu pengetahuan atau ringkasan uraian ilmu pengetahuan.  Marilah kita perhatikan defenisi Ensiklopedia berdasarkan beberapa sumber.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Ensiklopedia, ialah karya universal yang menghimpun uraian tentang berbagai cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah dan tersusun menurut abjad (pengetahuan luas).

Menurut Kamus Pelajar Bahasa Malaysia
Ensiklopedia, ialah buku yang berisi keterangan ringkas dan tepat tentang berbagai ilmu pengetahuan yang disusun  menurut abjad atau memuat cabang ilmu.

Menurut The Pocket Oxford Dictionary
Encyclopaedia : book or set of books giving information onmany subjects, or many aspects of one subject (of knowledge or information/comperehensive).

Dari defenisi Ensiklopedia tersebut diatas, kiranya dapat Anda simpulkan apa itu Ensiklopedia !

BUKU REFERENSI (REFERENCE BOOK)

Ensiklopedia, merupakan salah satu kelompok buku referensi selain dari kamus (dictionary), consice, companion, dll.  Secara umum Buku Referensi sering lebih dikenal dengan perkataan “ Buku Rujukan”.  Ada juga yang menyebutnya dengan Buku Panduan, Buku Acuan, Alat Bantu Cepat (Quick Help). Perbedaan Ensiklopedia dengan Kamus, ialah bahwa Kamus hanya semata-mata mengandung arti kata kaitannya dengan kebahasaan, sedangkan Ensiklopedia lebih luas kandungannya dimana ia memuat: artikel/topic, mengurai, mendefenisikan dan merangkai arti suatu artikel dari awal hingga akhir, baik penemuan suatu ilmu pengetahuan maupun peristiwa-peristiwa penting.

KATEGORI ENSIKLOPEDIA

Pada umumnya Ensiklopedia terbagi dalam 2 (dua) kategori, yakni:

Ensiklopedia Umum (General Encyclopaedia), yaitu Ensiklopedia yang memuat secara umum semua disiplin ilmu didalamnya.  Misalnya “Encyclopaedia Britannica edisi 2010”, 32 Jilid memuat semua disiplin ilmu dan semua peristiwa penting di dunia (dari A sampai Z).

Ensiklopedia Khusus (Specialist Encyclopaedia), yaitu  Ensiklopedia yang memuat disiplin ilmu/cabang ilmu tertentu atau bidang tertentu.  Misalnya “Ensiklopedia Geografi”, “Ensiklopedia Sejarah dan Budaya”, “Ensiklopedia IPA” (bidang IPA), “Ensiklopedia IPTEK” (bidang IPA), “Ensiklopedia Sains dan Teknologi” (bidang IPA), “Ensiklopedia Jakarta” (Tematis atau Historis Kronologis).

BAGAIMANA SUATU ENSIKLOPEDIA DISUSUN


Sebuah Ensiklopedia disusun dengan proses yang sangat panjang dan memakan waktu lama, karena memerlukan suatu ketelitian yang sangat mendasar dan mendalam.  Selain bahan-bahannya/artikel-artikel ditulis oleh beberapa konstributor yang pakar di bidangnya, juga harus diedit oleh editor yang handal.  Kenapa demikian ?  Karena dari segi isi, bahwa muatan Ensiklopedia harus akurat datanya, dipercaya, harfiah, dapat dipertanggung jawabkan dan merupakan akhir dari suatu jawaban untuk memecahkan masalah bagi pengguna.

KARAKTERISTIK ENSIKLOPEDIA


Ensiklopedia memiliki ciri-ciri, diantaranya :

- Adanya artikel/topic, sub topic
- Adanya defenisi artikel/topic dan diikuti penjelasan umum
- Adanya rujuk silang (cross reference) atau futher more, see also, running index, dll
- Adanya paragraft, illustrasi, gambar, grafik, table time line
- Disusun dan disajikan secara sistematis alfabetis (A – Z), atau Tematis, Historis-Kronologis
- Adanya indeks
- Adanya tambahan “Faktaneka”, yaitu Aneka Fakta Ilmu Pengetahuan
- Adanya petunjuk penggunaan (How to Use)
  Dll

BAGAIMANA MENGGUNAKAN (HOW TO USE)


Ensiklopedia bukanlah buku teks pelengkap atau buku pegangan bagi pelajar sebagaimana biasanya yang banyak digunakan oleh pelajar sesuai syllabus/kurikulum pendidikan.  Tidak semua pelajar, mahasiswa terpelajar, terbiasa dengan menggunakan ensiklopedia.  Oleh karena itu, seorang Konsultan Pembelajaran Handal harus tahu menjelaskan bagaimana cara menggunakan suatu Ensiklopedia secara baik dan tepat agar dapat digunakan dan cepat mendapatkan informasi yang diharapkan.  Itulah sebabnya Ensiklopedia disebut dengan “Alat Bantu Cepat” (Quick Help).

KTC01 (Penerbit Lentera Abadi Jakarta)




 

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

banner

Penulis Pariwisata Toraja


lintas7.com



Jakarta Punya Berita
Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.