Warga Dusun Kondo Tolak Rencana Lokasi TPS

KABAR TORAJA– Ribuan warga Dusun Kondo, Lembang Tondon Matallo, Kecamatan Tondo, menolak dusun mereka dijadikan tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Pasalnya, tempat pembuangan sampah sementara di Lembang Tondon Langi sudah sangat penuh, sehingga Dusun Kondo direncanakan akan menjadi tempat pembuangan sampah sementara oleh pemerintah daerah Toraja Utara.

Namun sebanyak kurang lebih 1620 Jiwa yang bermukim di Dusun Kondo melakukan penolakan keras terhadap rencana pemerintah Toraja Utara yang dinilai tidak memikirkan nasib rakyat jelata akibat dampak dari limbah sampah yang akan ditimbulkan.

“Kami masyarakat Dusun Kondo menolak keras, jika di Dusun Kondo dijadikan lokasi pembuangan sampah. Kasian kami rakyat jelata akan terkena dampak kesehatan dari limbah sampah tersebut,” tegas Payung Silalong, Tokoh Masyarakat Dusun Kondo saat di temui di Tondon, Sabtu (4/2/2017).
Pasalnya lokasi rencana pembuangan sampah empat hanya berjarak kurang lebih sekitar 10 meter dari pemukiman warga, hal ini sudah tidak sesuai dengan aturan yang ada, bahkan mengancam kesehatan masyarakat disekitar lokasi.

Tidak hanya itu, dalam lokasi terdapat bak besar penampungan air yang dikomsumsi oleh warga Dusun Kondo dan Dusun Laiya yang memiliki kurang lebih 3000 jiwa, terancam akan tercemar akibat resapan limbah sampah dalam tanah.

“Apalagi di dusun kami ada bak penampungan air yang dikomsumsi oleh masyarakat di dusun Laiya. Semestinya pemerintah harus melihat dampak yang akan diakibatkan dari sampah itu. Bukan mementingkan kepentingan sepihak saja. Intinya kami menolak dengan keras,” ungkapnya.

Rencananya warga akan melayangkan surat yang ditujukan kepada Bupati dan DPRD Toraja Utara atas penolakan tempat pembuangan sampah tersebut yang ditandatangani langsung oleh ribuan warga sekitar.

LB/JF

Redaksi membuka ruang kepada pembaca untuk mengirimkan artikel, opini, ataupun peristiwa dengan mengirikan melalui form citizen report, atau email: info@kabar-toraja.com

Komentar Anda