Usung Calon Presiden Anda

Kirim tanggapan/komentar Calon Presiden anda sesuai urutan Poling ke email: kabartoraja@gmail.com atau via FB kabartoraja. Sertakan foto format Jpeg, ukuran 4x6 atau lebih (close up), foto akan diletakkan di samping pandangan anda. Untuk mengirim tanggapan ISI KOLOM dibawah INI
Email:
Judul:
Pesan:
Pertanyaan anti spam: Berapa jumlah mata manusia?

Video Toraja

Yervis Pakan Caleg DPRD Dapil X Sulsel No.Urut 1

yervis pakan

Caleg DPR-RI Samuel Parantean Dapil Sulsel 3


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4732
mod_vvisit_counterKemarin9352
mod_vvisit_counterMinggu ini33464
mod_vvisit_counterMinggu kemarin62103
mod_vvisit_counterBulan ini144003
mod_vvisit_counterBulan Kemarin323907
mod_vvisit_counterTotal6924213

We have: 70 guests online
IP anda: 54.196.196.72
 , 
Today: Apr 16, 2014
Lovely December Bertabur Pejabat, Warga Gandasil Berlumuran Lumpur

  Editor: KTC01, Reporter: Papa Bryan

KABAR-TORAJA.COM -Tana Toraja-  Perayaan Lovely December yang spektakuler dengan kembang apinya yang menghabiskan Rp 1,2 Milyar, (Baca:Lovely December Akan Menghabiskan 1,2 M Untuk Pesta Kembang Api, yang digelar di Rantepao, Kamis (29/12/2011) bertabur pakaian mahal para undangan.

Perayaan Lovely December LD) yang dihadiri elit DPR,DPD, juga dari unsur Polri dan TNI itu ternyata tak punya efek dengan masyarakat khususnya warga yang tinggal disekitar Sillanan-gandangbatu (Gandasil).

Bila gelar LD yang berlangsung meriah, sangat kontras dengan keadaan warga Gandasil khususnya disekitar area yang terkena longsor Lakean.

Longsor yang mendera Kecamatan Mengendek sejak 12 Desember lalu hingga kini tampak kondisi jalan yang terputus akibat terkena longsor membaik.

Dari pantauan kabar-toraja.com selama dua hari, 27 dan 29 Desember kondisi jalan kian memprihatinkan. Apalagi dengan hujan yang terus mengguyur Toraja semakin menambah akses jalan berlumpur hingga mampu membuat truk bisa terjebak.

Akibatnya masyarakat keluhkan mengenai akses jalan yang terputus akan lambatnya penanganan Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja.

Umumnya warga hanya menginginkan jalan bisa dilalui seperti sedia kala. Dengan cara pemda menimbun lumpur dengan benda keras seperti kerikil. Selain itu ongkos hidup warga yang mendiami Gandasil ikut naik, utamanya ongkos transportasi. Warga Gandangbatu jika bepergian kearah Mengkendek harus mengeluarkan ongkos sebesar Rp 15.000, jika sebelum longsor terjadi hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000-Rp 7.000 bila menggunakan angkutan kota.

Namun jangan ditanya jika kebetulan ada warga yang hendak pulang dari arah bawah Mengkendek pada malam hari. Biaya transportasi untuk membayar sewa ojek bisa mencapai Rp 40.000-Rp 50.000 dimalam hari.

Lain halnya jika warga yang menggunakan kendaraan roda dua (R2) mencoba paksakan kendaraannya, namun karena tebalnya lumpur motor harus didorong. Untuk itu warga harus rela merogoh koceknya sebesar Rp 10.000, kepada para pemuda setempat yang menawarkan jasa.

Padahal jarak jalan yang terbenam lumpur dengan jalan yang tidak terkena dampak longsor sekira 30 meter.Dari bincang-bincang kepada warga setempat, warga frustasi akan dampak longsor tersebut.

Nampak hanya 1 eskavator parikr disekitar lokasi longsor, namun menurut warga itu tdak cukup. "Lihat saja ini sudah berapa Minggu, jalan tetap penuh lumpur," teriak seorang warga yang kesal sambil mendorong R2nya dibantu dengan tarikan gas serta beberapa anak remaja penawar jasa mendorong motornya.

Pantauan kabar-toraja.com lumpur yang bercampur tanah liat mampu membuat ban sebuah truk terbenam hingga terjebak tak bisa maju maupun mundur.Saat ditanya ada perayaan lovely December warga tidak menunjukkan respon yang berarti.

Sepertinya warga Gandasi hanya bisa berharap. pasalnya baru pada bulan Maret nanti, jalan alternativ akan dibuat oleh Pemda Tana Toraja. "Untuk antisipasi panen kopi masyarakat sekira bulan Mei nanti, jalan alternativ akan difungsikan, walaupun jaraknya lebih jauh sedikit," ujar Sekkab Tana Toraja Enos Karoma, Jumat (23/12/2011). Lebih lengkap baca: Sekda Tana Toraja Harap jalan Alternativ Selesai Bulan Maret








 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH

Play Group Agape


Agape Play Group dan Penitipan Anak

banner

Siapakah Calon Presiden Anda

Siapakah Calon Presiden Anda
 

Lingkar Pena Pariwisata Toraja


Caleg DPR David Payung

David Payung Caleg DPR dari PKPI Perjuangkan Basis Budaya dan Perekat Etnik di Sulsel

Hakcipta © 2011 Kabar Toraja. Semua Hak Dilindungi.