Rospita, Ibu Rumah Tangga Mandiri Bantu Suami

Nusantara - on 3/10/19 Rospita, Ibu Rumah Tangga Mandiri  Bantu Suami
Suasana Worshop di Pantan Toraja Hotel


KABAR-TORAJA.COM --, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, selama dua hari gelar Workshop di Pantan Toraja Hotel (3-4/10/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Rospita Napa, juga ketua Deskranasda Tana Toraja sala seorang nara sumber katakan, PKK, Deskranasda, dan P2TP2A selalu berdampingan memberi edukasi kepada kaum ibu berpenghasilan bantu suami sebab sudah terampil seperti tenun, dan kerajinan lainnya.

Sambung Rospita, sejumlah kelompok pengrajin tenun tradisional Toraja binaan Deskranasda sudah jalan baik, bahkan sudah kewalahan penuhi permintaan, semisal kelompok pengrajin tenun Salu Allo, Malimbong Balepe, dan Simbuang Mappak.

Terbukti saat Toraya Maelo Tourism Expo Road To Kemilau Toraja di Atrium Trans Square Trans Studio Makassar pekan lalu, pesanan dan penjualan langsung kerajinan tenun, supenir, kerajinan ukiran, dan parang Toraja laku habis.

Promosi besar-besaran dibuka Bupati Nicodemus Biringkanae, bentuk perhatian luar biasa dari mitra dikelola LO, dimana Pemda hanya fasilitasi dan hadirkan sejumlah pengrajin.

Lanjut Rospita, mengingat pangsa pasar produksi kearifan lokal Toraja sasar pasar Eropa, dipastikan ketat persaingan sehingga kualitas produksi harusnya mampu bersaing.

Apalagi setelah hadirnya Bandara Pariwisata Buntu Kuni Mengkendek, sangat strategis meskipun tantangan di pasar bebas luar biasa.

Meski begitu, mengingat hotel terbatas diwilayah kita, Tongkonan hendaknya dijadikan home stay dan berpenghasilan.

Dan turis Eropa lebih senang berbaur dengan masyarakat sudah bosan dengan hidup mewah, melalui menginap di Tongkonan toris lebih banyak dapat pengalaman, dan pelajari kehidupan tradisional masyarakat Toraja yang unik dan menarik, tutur Rospita.

Apalagi di era digital Android dunia dalam gengaman, hendaknya dimanfaatkan namun terkendali, jangan korban hoaks.

Idealnya ibu rumah tangga manfaatkan android belajar dari google tingkatkan keterampilan dimiliki.

Demikian pula pendidikan anak tetap diutamakan, namun tetap diawasi jangan terlibat pergaulan bebas.

Sambung Rospita, ibu rumah tangga harus berpenghasilan dan mandiri bantu suami sala satu solusi hindari kekerasan perempuan dan anak.

Penulis : Papa Eva

Editor : Editor Pertama

TOPIK : #Polhukam