Salpius Pasang, 70 Persen Kebutuhan Beras Tana Toraja Teratasi

Nusantara - on 29/10/19 Salpius Pasang, 70 Persen Kebutuhan Beras Tana Toraja Teratasi
Salpius Pasang

KABAR-TORAJA.COM --, Genjot produksi beras Tana Toraja sesuai target 162.500 ton tahun 2019, Dinas Pertanian (Distan) dinakhodai Salpius Pasang telah menyalurkan pompa, handtractor, perontok padi dan semimpil jagung ke kelompok tani sentra produksi.

Sistim penyaluran alsinta selain dibagi kekelomok tani, ada juga dipinjamkan, dan untuk Brigade Pola Tanam Semusim, dengan target lahan seluas 400 ha tersebar di 19 kecamatan, kata Salpius Pasang, kepada media ini Selasa (29/10).

Lanjut Salpius, mengingat problema musim kemarau mendera petani, membuat sekitar 20 kelompok tani belum beraktipitas atau tertunda lantaran kekurangan air dimusim kemarau.

Sambung Salpius, wujudkan target 400 ha lahan pertanian produktif, lahan tidur sasaran utama difungsikan.

Demikian pula pola tanam serempak kepada petani untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman lainnya, dengan harapan produksi padi lebih meningkat.

Diakui Salpius, hingga tahun 2019 baru 70 persen terealisasi target produksi beras 162.500, sementara 30 persen beras masih didatangkan dari daerah tetangga.

Tingginya konsumsi beras di Tana Toraja dampak dari tingginya intensitas rambu solo dan rambu tuka disponsori para diaspora Toraja, imbuh Salpius.

Penulis : Papa Eva

Editor : Editor Pertama

TOPIK : #Polhukam